PROPOSAL UPAYA MENJADIKAN MAKANAN TRADISIONAL JADI YANG UTAMA PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN USAHA BOBICO
PROPOSAL
UPAYA
MENJADIKAN MAKANAN TRADISIONAL JADI YANG UTAMA
PENGANTAR
KEWIRAUSAHAAN
USAHA
BOBICO

OLEH :
1. M.HANAFI
2. M.YUDHA DWIKI
3. M.ARIFADHIL
4. RENJI
MAYRISANDI
5. AINUN MURSIDA
6. YUSFIKA HANUM
7. VINA GUSNITA
YAYASAN
PENDIDIKAN PASAMAN ( YAPPAS )
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE )
TAHUN
2020
DAFTAR
ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG USAHA..................................................
B.
VISI DAN MISI USAHA..........................................................
C.
MAKSUT KEGIATAN USAH................................................
BAB II. TUJUAN DAN MANFAAT USAHA
A.
TUJUAN USAHA.....................................................................
B.
MANFAAT USAHA.................................................................
BAB III. PERENCANAAN OPERASIONAL
A.
PROFIL....................................................................................
B.
STRATEGI PASAR...............................................................
C.
ANALISIS SWOT..................................................................
D.
PROSES PRODUKSI............................................................
E.
BAHAN BAKU........................................................................
F.
PERALATAN DAN PERLENGKAPAN..............................
G.
BIAYA DAN LAIN-LAIN....................................................
BAB IV. RENCANA ANGGARAN
A.
MODAL.................................................................................
B.
RENCANA HARGA JUAL...................................................
C.
PERHITUNGAN LABA / RUGI........................................
BAB V. PENUTUP
A.
KESIMPULAN......................................................................
B.
SARAN.................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Setelah
memperhatikan semakin meningkatnya jumlah pengangguran dan kurangnya
pengetahuan di masyarakat untuk memanfaatkan peluang bisni, di karenakan
kurangnya pengetahuan akan pemanfaatan sumberdaya yang ada dan menyebabkan
semakin meningkatnya kerisis ekonomi di masyarakat, di karenakan kurangnya pemikiran
yang luas untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru, yang dapat membantu
meningkatkan perekonomian bagi keluarga dan masyarakat.
Berwirausaha
merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjadikan jalan keluar
dari permasalahan tersebut, banyak cara yang dilakukan dalam berwirausaha,
misalnya mengolah barang mentah menjadi produk ataupun barang setengah jadi
menjadi suatu produk yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi sehingga dapat
dinikmati para konsumen.
Oleh
karena itu penulis menciptakan suatu hasil atau produk yang memiliki nilai
jual, penulis membuat kue “BOBICO” kue ini berbahan dasar ubi yang sangat mudah
di dapatkan, akan tetapi masyarakat kurang akan pengolahannya, sehingga tida
menyadari bahwa ubi ini jika di olah menjadi kue yang menarik dapat memiliki
harga jual yang cukup tinggi.
VISI
DAN MISI USAHA
1.2 Visi
Menjadikan
makanan tradisional menjadi yang utama
1.3
Misi
1. Selalu
berinovasi dengan produk tradisonal
2. Meningkatkan
kualitas makanan tradisional
3. Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
sehingga konsumen puas
1.4 Maksud kegiatan usaha
Dari hal membuka usaha ini penulis bermaksud ingin menyalurkan ilmu yang
penulis miliki yaitu Kemampuan di bidang kuliner, di dunia usaha bentuk
dari pengalaman dan menambah wawasan atas ilmu yang telah penulis ketahuai dan
ingin berinovasi dengan makanan tradisional sehingga makanan tradisional tida
akan kalah dalam kualitas dengan makanan makanan di jaman yang moden ini, penulis
akan berenovasi dengan mengembangkan kembali kue tradisional yaitu obi menjadi
lebih menarik dan lebih berkualitas.
Penulis akan membuat
“BOBICO” yaitu bola bola obi coklat yang hasil dari pengembangan dari kue obi.
BAB II
TUJUAN DAN MANFAAT USAHA
2.1 Tujuan
kegiatan usaha
Tujuan penulis memilih
jenis usaha ini yaitu :
1. Mendapatkan
keuntungan.
2. Menarik minat konsumen
untuk merasakan produk yang penulis buat, agar mencapai target
penjualan.
3. Dapat membuka lapangan pekerjaan
baru.
4. Membantu
mempertahankan makanan tradisional agar tida hilang.
2.2 Manfaat usaha
A.
Bagi pemilik
1. melakukan hal yang di gemari
2. mendapatkan keuntungan
B.
Bagi masyarakat dan lingkungan
1. dapat membuka lapangan kerja
2. mensejahterakan masyarakat
3 . mendorong masyarakat untuk membuka
usaha
4. membangun kesejahteraan lingkungan
5. memberikan contoh positif
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Profil
Bobico
adalah brand dari kegiatan usaha penulis, karena bahan bakunya adalah ubi, ubi
biasanya di kenal dengan makanan pedesaan, namun kini penulis ingin
mengebangkan kembali dengan cara mengolah ubi ini menjadi makanan yang
menarik, sehingga ubi dapat di kenal luas oleh masyarakat, cara penulis
memperkenalkan ubi ini secara luas yaitu dengan cara membuat hasil olahan dari
ubi yang semenarik mungkin tanpa mengurangi isi nutrisi yang terkandung di
dalamnya.
Ubi
banyak sekali mengandung nutrisi penting bagi kesehatan, kandungan yang
termasuk dalam ubi yaitu : vitamin A, C, E, betakeroten, magnesium, kalium dan
kaya oksige, sehingga makanan ini dapat di konsumsi oleh semua kalangan,
mulai dari anak anak hingga orang lanjut usia.
3.2
Strategi pasar
Agar
rencana mendirikan usaha ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam
melakukan strategi pasar antara lain :
3.2.1
Segmenting
Segmenting pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di
capai, produk yang harus penulis buat adalah produk yang dapat di nikmati oleh
berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, produk
ini juga bisa di nikmatin dari anak anak hingga orang dewasa.
3.2.2
Targeting
Target pasar yang penulis bidik adalah pada kalangan masyarakat setempat,
sekolah penulis sendiri, serta warung warung kecil.
3.2.3
Positioning
Agar produk penulis ini mudah dikenali oleh masyarakat, penulis berinovasi
dengan cara menambahkan bahan baru yang membedakan makanan ini dengan yang ada,
bahan yang penulis tambahkan yaiu seperti kacang, coklat dan seres mix,
sehingga tampilan lebih menarik rasa lebih unggul dan kulitas sangat baik,
sehingga konsumen dapat mengenali dengan mudah produk ini.
3.3
Analisis SWOT Sebagai kelayakan Usaha
Yaitu
sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dalam bidang usaha
Setiap kegiatan untuk
memulai usaha penulis harus mengukur kemampuan
penulis terhadap
lingkungan atau pesaing melalui SWOT.
3.3.1 Kekuatan ( Strength )
Rasa
percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena
produk yang penulis buat ini mempunyai kualitas yang cukup tinggi karena bahan
dasarnyaa menggunakan ubi yang banyak mengandung nutrisi juga pembuatan yang
higienis.
3.3.2
Kelemahan ( Weakness )
1. Produk
tidak tahan lama.
2. Produk
mudah di tiru.
3. Harga
bahan baku tidak stabil.
3.3.3
Peluang ( Oportunity )
Produk
ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usaha bobico ini
berbeda dengan obi yang biasa, bobico ini produk hasil modivikasi yang
sedemikian sehingga menjadi produk baaru serta menarik yang dapat bersaing
dengan makanan-makanan modern,
obi di jaman sekarang
sudah jarang sekali yang memproduksi, sehingga penulis mempunyai peluang
yang cukup baik, dalam pemasaran, apalagi obi ini merupakan varian baru yang
dapat menarik minat konsumen unuk merasakan sensasi baru dari obi ini.
3.3.4
Ancaman ( Treath )
Ancaman yang dapat timbul
dari usaha BOBICO ini antara lain :
1. Pesaing tidak sehat.
2. Bahan baku yang tida
stabil.
3. Adanya produk serupa
dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk penulis.
4.1
Proses Produksi
Kegiatan
yang penulis lakukan dalam kegiatan produksi yaitu :
1. Mengembangkan
ide pembuatan produk dengan membaca kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk
yang sedang populer yaitu kuliner.
2. Melalui
bagian produksi, penulis mulai mentukan bahan baku penunjang selain bahan baku
utama dalam hal ini, penulis melakukan survei ke pasar guna mendapatkan harga
yang lebih kompetitif dasar pasar.
3. Proses
produksi, proses produksi dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang
mengedepankan kan azas higenis guna terciptanya kepercayaan terhapat konsumen
akan produk yang penulis pasarkan.
4. Menyusun
laporan keuangan, tahapan ini di lakukan untuk membuat sistem managemen yang
baik dalam kegiatan usaha. Penulis percaya, jika penangana keungan tersusun
dengan baik maka semua kegiatan produksi akan berjalan lancar dan maksimal.
4.2
Bahan Baku
Dalam proses produksi
penulis menggunakan bahan baku rincian sebagai
berikut :
|
Nama
Bahan |
Banyaknya |
Harga
Satuan |
Harga
total |
|
|
1. |
Ubi
jalar |
16
kg |
Rp.
2.500 |
Rp.
40.000 |
|
2. |
Tepung
tapioka |
4
kg |
Rp.
8.000 |
Rp.
32.000 |
|
3. |
Gula
merah |
1
kg |
Rp.
14.000 |
Rp.14.000 |
|
4. |
Kacang |
1
kg |
Rp.
25.000 |
Rp.
25.000 |
|
5. |
Garam |
1
pcs |
Rp.1.000 |
Rp. 1000 |
|
6. |
Coklat |
5
pcs |
Rp.
1.0000 |
Rp.
50.000 |
|
7. |
Seres |
5
pcs |
Rp.5.000 |
Rp.
25.000 |
|
Total |
Rp. 187.000 |
|||
Table
1.1 ( Daftar bahan baku )
4.3
Peralatan Dan Perlengkapan
Dalam kegiatan produksi
penulis, peralatan dan perlengkapan yang penulis gunakan sebagai berikut :
3.3.1
Peralatan
|
No |
Nama
Barang |
Banyaknya |
|
1. |
Dulang |
1 |
|
2. |
Gelas
ukur |
1 |
|
3. |
Baskom |
1 |
|
4. |
Pisau |
1 |
|
5. |
Panci |
1 |
|
6. |
Wajan |
1 |
Tabel
1.2. ( Daftar Peralatan)
4.3.2
Perlengkapan
|
No |
Nama
Barang |
Banyaknya |
Harga
Satuan |
Jumlah |
|
1. |
Label |
5 lbr |
Rp.
3000 |
Rp.
15.000 |
|
2. |
Sarung
Tangan Plastik |
2 |
Rp.
1000 |
Rp.
2000 |
|
3. |
Cup
Plastik |
10
pack |
Rp.
8.500 |
Rp.
85.000 |
|
Total |
Rp
.102.000 |
|||
Tabel
1.3 ( Daftar Perlengkapan )
4.4Biaya
Lain – Lain
|
No |
Nama
Biaya |
Jumlah |
|
1. |
Transportasi |
Rp.
15.000 |
|
2. |
Isi
Ulang Gas |
Rp.
18.000 |
|
Total |
Rp.
33.000 |
|
Tabel 1.4 ( Biaya Lain – Lain)
3.5 Cara Pembuatan
1. Siapkan bahan-bahan dan
peralatan yang di butuhkan
2. Kupas ubi kemudian cuci
lalu kukus hingga matang atau melunak.
3. Halus kan ubi dengan cara
di tumbuk dengan menggunakan dulang sampai halus.
4. Setelah ubi halus hingga
berbentuk adonan masukan garam, tepung tapioka, kemudian tumbuk kembali
hingga tercampur rata.
5. Setelah selesay ambil
adonan sesendok dan masukan gula merah sedikit atau coklat sesuai slera,
sebagai isiannya, lalu bulatkan sehingga menjadi bola bola kecil.
6. Panaskan minya dengan api
sedang, jika minyak sudah siap baru goreng adonan yang telah di benuk hingga
berwarna coklat keemasan, setelah matang angkat lalu tiriskan.
7. Setelah dingin bobico bisa
di toping sesuai selera.
BAB
IV
RENCANA
ANGGARAN
4.1 Modal
Modal yang penulis
keluarkan dalam sekali produksi ialah sebesar
Rp. 322.000
Total biaya =
bahan baku + perlengkapan + biaya lain – lain
= Rp. 187.000 + Rp.
102.000 + Rp. 33.000
= Rp. 322.000
Total pengeluaran yang
digunakan dalam satu kali produksi yang menghasilkan 100 produk dengan modal
pengeluaran Rp. 322.000
4.2 Penentuan Harga Jual
Harga Pokok Produksi = total biaya / hasil
produksi
= 322.000
x 100
= Rp. 3220,/pcs
Harga jual = harga pokok+laba yang di inginkan
=Rp.3220+Rp.1780
=Rp.5000,-
Jadi harga jual nya yaitu (Rp.5000/pcs)
4.3 Perhitungan Laba/Rugi
Laba = ( hasil
produksi x harga jual) -
modal
= ( 100x Rp. 5000) – Rp.322.000
= Rp. 500.000 – Rp. 322.000
= Rp. 178.000,-
Persentase Laba =
laba / modal x 100% x 100%
= 178.000 / 322.000 x
100%
=
55,27%
Persentase dari laba bersih yang didapat dalam satu kali
produksi yaitu 55,27%
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
“BOBICO”
merupakan brand produk yang di ciptakan oleh penulis dalam bidang ini, penulis
menciptakan produk ini atas survey yang penulis lakukan unuk mencari peluang
bisni yang baik dan bermanfaat (yang di butuh kan) oleh masyarakat, penulis
sangat mengharapkan produk yang penulis buat dapat diterima dan dapat disenangi
olehpara konsumen dantertanam dibenak masyarakat luas dengancara konsinyasinya
ditoko cemilan.
5.2
Saran
Penulis
menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan
prososal ini.
Demikian
proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis ini sehingga dapat berjalan dengan
baik dan penulis berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi
penulis dan masyarakat.
Penulis
mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan
proposal ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik dantepat pada waktunya,
sekian terimakasih.

OLEH :
1. M.HANAFI
2. M.YUDHA DWIKI
3. M.ARIFADHIL
4. RENJI
MAYRISANDI
5. AINUN MURSIDA
6. YUSFIKA HANUM
7. VINA GUSNITA
YAYASAN
PENDIDIKAN PASAMAN ( YAPPAS )
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE )
TAHUN
2020
DAFTAR
ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG USAHA..................................................
B.
VISI DAN MISI USAHA..........................................................
C.
MAKSUT KEGIATAN USAH................................................
BAB II. TUJUAN DAN MANFAAT USAHA
A.
TUJUAN USAHA.....................................................................
B.
MANFAAT USAHA.................................................................
BAB III. PERENCANAAN OPERASIONAL
A.
PROFIL....................................................................................
B.
STRATEGI PASAR...............................................................
C.
ANALISIS SWOT..................................................................
D.
PROSES PRODUKSI............................................................
E.
BAHAN BAKU........................................................................
F.
PERALATAN DAN PERLENGKAPAN..............................
G.
BIAYA DAN LAIN-LAIN....................................................
BAB IV. RENCANA ANGGARAN
A.
MODAL.................................................................................
B.
RENCANA HARGA JUAL...................................................
C.
PERHITUNGAN LABA / RUGI........................................
BAB V. PENUTUP
A.
KESIMPULAN......................................................................
B.
SARAN.................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Setelah
memperhatikan semakin meningkatnya jumlah pengangguran dan kurangnya
pengetahuan di masyarakat untuk memanfaatkan peluang bisni, di karenakan
kurangnya pengetahuan akan pemanfaatan sumberdaya yang ada dan menyebabkan
semakin meningkatnya kerisis ekonomi di masyarakat, di karenakan kurangnya pemikiran
yang luas untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru, yang dapat membantu
meningkatkan perekonomian bagi keluarga dan masyarakat.
Berwirausaha
merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjadikan jalan keluar
dari permasalahan tersebut, banyak cara yang dilakukan dalam berwirausaha,
misalnya mengolah barang mentah menjadi produk ataupun barang setengah jadi
menjadi suatu produk yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi sehingga dapat
dinikmati para konsumen.
Oleh
karena itu penulis menciptakan suatu hasil atau produk yang memiliki nilai
jual, penulis membuat kue “BOBICO” kue ini berbahan dasar ubi yang sangat mudah
di dapatkan, akan tetapi masyarakat kurang akan pengolahannya, sehingga tida
menyadari bahwa ubi ini jika di olah menjadi kue yang menarik dapat memiliki
harga jual yang cukup tinggi.
VISI
DAN MISI USAHA
1.2 Visi
Menjadikan
makanan tradisional menjadi yang utama
1.3
Misi
1. Selalu
berinovasi dengan produk tradisonal
2. Meningkatkan
kualitas makanan tradisional
3. Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
sehingga konsumen puas
1.4 Maksud kegiatan usaha
Dari hal membuka usaha ini penulis bermaksud ingin menyalurkan ilmu yang
penulis miliki yaitu Kemampuan di bidang kuliner, di dunia usaha bentuk
dari pengalaman dan menambah wawasan atas ilmu yang telah penulis ketahuai dan
ingin berinovasi dengan makanan tradisional sehingga makanan tradisional tida
akan kalah dalam kualitas dengan makanan makanan di jaman yang moden ini, penulis
akan berenovasi dengan mengembangkan kembali kue tradisional yaitu obi menjadi
lebih menarik dan lebih berkualitas.
Penulis akan membuat
“BOBICO” yaitu bola bola obi coklat yang hasil dari pengembangan dari kue obi.
BAB II
TUJUAN DAN MANFAAT USAHA
2.1 Tujuan
kegiatan usaha
Tujuan penulis memilih
jenis usaha ini yaitu :
1. Mendapatkan
keuntungan.
2. Menarik minat konsumen
untuk merasakan produk yang penulis buat, agar mencapai target
penjualan.
3. Dapat membuka lapangan pekerjaan
baru.
4. Membantu
mempertahankan makanan tradisional agar tida hilang.
2.2 Manfaat usaha
A.
Bagi pemilik
1. melakukan hal yang di gemari
2. mendapatkan keuntungan
B.
Bagi masyarakat dan lingkungan
1. dapat membuka lapangan kerja
2. mensejahterakan masyarakat
3 . mendorong masyarakat untuk membuka
usaha
4. membangun kesejahteraan lingkungan
5. memberikan contoh positif
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Profil
Bobico
adalah brand dari kegiatan usaha penulis, karena bahan bakunya adalah ubi, ubi
biasanya di kenal dengan makanan pedesaan, namun kini penulis ingin
mengebangkan kembali dengan cara mengolah ubi ini menjadi makanan yang
menarik, sehingga ubi dapat di kenal luas oleh masyarakat, cara penulis
memperkenalkan ubi ini secara luas yaitu dengan cara membuat hasil olahan dari
ubi yang semenarik mungkin tanpa mengurangi isi nutrisi yang terkandung di
dalamnya.
Ubi
banyak sekali mengandung nutrisi penting bagi kesehatan, kandungan yang
termasuk dalam ubi yaitu : vitamin A, C, E, betakeroten, magnesium, kalium dan
kaya oksige, sehingga makanan ini dapat di konsumsi oleh semua kalangan,
mulai dari anak anak hingga orang lanjut usia.
3.2
Strategi pasar
Agar
rencana mendirikan usaha ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam
melakukan strategi pasar antara lain :
3.2.1
Segmenting
Segmenting pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di
capai, produk yang harus penulis buat adalah produk yang dapat di nikmati oleh
berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, produk
ini juga bisa di nikmatin dari anak anak hingga orang dewasa.
3.2.2
Targeting
Target pasar yang penulis bidik adalah pada kalangan masyarakat setempat,
sekolah penulis sendiri, serta warung warung kecil.
3.2.3
Positioning
Agar produk penulis ini mudah dikenali oleh masyarakat, penulis berinovasi
dengan cara menambahkan bahan baru yang membedakan makanan ini dengan yang ada,
bahan yang penulis tambahkan yaiu seperti kacang, coklat dan seres mix,
sehingga tampilan lebih menarik rasa lebih unggul dan kulitas sangat baik,
sehingga konsumen dapat mengenali dengan mudah produk ini.
3.3
Analisis SWOT Sebagai kelayakan Usaha
Yaitu
sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dalam bidang usaha
Setiap kegiatan untuk
memulai usaha penulis harus mengukur kemampuan
penulis terhadap
lingkungan atau pesaing melalui SWOT.
3.3.1 Kekuatan ( Strength )
Rasa
percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena
produk yang penulis buat ini mempunyai kualitas yang cukup tinggi karena bahan
dasarnyaa menggunakan ubi yang banyak mengandung nutrisi juga pembuatan yang
higienis.
3.3.2
Kelemahan ( Weakness )
1. Produk
tidak tahan lama.
2. Produk
mudah di tiru.
3. Harga
bahan baku tidak stabil.
3.3.3
Peluang ( Oportunity )
Produk
ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usaha bobico ini
berbeda dengan obi yang biasa, bobico ini produk hasil modivikasi yang
sedemikian sehingga menjadi produk baaru serta menarik yang dapat bersaing
dengan makanan-makanan modern,
obi di jaman sekarang
sudah jarang sekali yang memproduksi, sehingga penulis mempunyai peluang
yang cukup baik, dalam pemasaran, apalagi obi ini merupakan varian baru yang
dapat menarik minat konsumen unuk merasakan sensasi baru dari obi ini.
3.3.4
Ancaman ( Treath )
Ancaman yang dapat timbul
dari usaha BOBICO ini antara lain :
1. Pesaing tidak sehat.
2. Bahan baku yang tida
stabil.
3. Adanya produk serupa
dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk penulis.
4.1
Proses Produksi
Kegiatan
yang penulis lakukan dalam kegiatan produksi yaitu :
1. Mengembangkan
ide pembuatan produk dengan membaca kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk
yang sedang populer yaitu kuliner.
2. Melalui
bagian produksi, penulis mulai mentukan bahan baku penunjang selain bahan baku
utama dalam hal ini, penulis melakukan survei ke pasar guna mendapatkan harga
yang lebih kompetitif dasar pasar.
3. Proses
produksi, proses produksi dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang
mengedepankan kan azas higenis guna terciptanya kepercayaan terhapat konsumen
akan produk yang penulis pasarkan.
4. Menyusun
laporan keuangan, tahapan ini di lakukan untuk membuat sistem managemen yang
baik dalam kegiatan usaha. Penulis percaya, jika penangana keungan tersusun
dengan baik maka semua kegiatan produksi akan berjalan lancar dan maksimal.
4.2
Bahan Baku
Dalam proses produksi
penulis menggunakan bahan baku rincian sebagai
berikut :
|
Nama
Bahan |
Banyaknya |
Harga
Satuan |
Harga
total |
|
|
1. |
Ubi
jalar |
16
kg |
Rp.
2.500 |
Rp.
40.000 |
|
2. |
Tepung
tapioka |
4
kg |
Rp.
8.000 |
Rp.
32.000 |
|
3. |
Gula
merah |
1
kg |
Rp.
14.000 |
Rp.14.000 |
|
4. |
Kacang |
1
kg |
Rp.
25.000 |
Rp.
25.000 |
|
5. |
Garam |
1
pcs |
Rp.1.000 |
Rp. 1000 |
|
6. |
Coklat |
5
pcs |
Rp.
1.0000 |
Rp.
50.000 |
|
7. |
Seres |
5
pcs |
Rp.5.000 |
Rp.
25.000 |
|
Total |
Rp. 187.000 |
|||
Table
1.1 ( Daftar bahan baku )
4.3
Peralatan Dan Perlengkapan
Dalam kegiatan produksi
penulis, peralatan dan perlengkapan yang penulis gunakan sebagai berikut :
3.3.1
Peralatan
|
No |
Nama
Barang |
Banyaknya |
|
1. |
Dulang |
1 |
|
2. |
Gelas
ukur |
1 |
|
3. |
Baskom |
1 |
|
4. |
Pisau |
1 |
|
5. |
Panci |
1 |
|
6. |
Wajan |
1 |
Tabel
1.2. ( Daftar Peralatan)
4.3.2
Perlengkapan
|
No |
Nama
Barang |
Banyaknya |
Harga
Satuan |
Jumlah |
|
1. |
Label |
5 lbr |
Rp.
3000 |
Rp.
15.000 |
|
2. |
Sarung
Tangan Plastik |
2 |
Rp.
1000 |
Rp.
2000 |
|
3. |
Cup
Plastik |
10
pack |
Rp.
8.500 |
Rp.
85.000 |
|
Total |
Rp
.102.000 |
|||
Tabel
1.3 ( Daftar Perlengkapan )
4.4Biaya
Lain – Lain
|
No |
Nama
Biaya |
Jumlah |
|
1. |
Transportasi |
Rp.
15.000 |
|
2. |
Isi
Ulang Gas |
Rp.
18.000 |
|
Total |
Rp.
33.000 |
|
Tabel 1.4 ( Biaya Lain – Lain)
3.5 Cara Pembuatan
1. Siapkan bahan-bahan dan
peralatan yang di butuhkan
2. Kupas ubi kemudian cuci
lalu kukus hingga matang atau melunak.
3. Halus kan ubi dengan cara
di tumbuk dengan menggunakan dulang sampai halus.
4. Setelah ubi halus hingga
berbentuk adonan masukan garam, tepung tapioka, kemudian tumbuk kembali
hingga tercampur rata.
5. Setelah selesay ambil
adonan sesendok dan masukan gula merah sedikit atau coklat sesuai slera,
sebagai isiannya, lalu bulatkan sehingga menjadi bola bola kecil.
6. Panaskan minya dengan api
sedang, jika minyak sudah siap baru goreng adonan yang telah di benuk hingga
berwarna coklat keemasan, setelah matang angkat lalu tiriskan.
7. Setelah dingin bobico bisa
di toping sesuai selera.
BAB
IV
RENCANA
ANGGARAN
4.1 Modal
Modal yang penulis
keluarkan dalam sekali produksi ialah sebesar
Rp. 322.000
Total biaya =
bahan baku + perlengkapan + biaya lain – lain
= Rp. 187.000 + Rp.
102.000 + Rp. 33.000
= Rp. 322.000
Total pengeluaran yang
digunakan dalam satu kali produksi yang menghasilkan 100 produk dengan modal
pengeluaran Rp. 322.000
4.2 Penentuan Harga Jual
Harga Pokok Produksi = total biaya / hasil
produksi
= 322.000
x 100
= Rp. 3220,/pcs
Harga jual = harga pokok+laba yang di inginkan
=Rp.3220+Rp.1780
=Rp.5000,-
Jadi harga jual nya yaitu (Rp.5000/pcs)
4.3 Perhitungan Laba/Rugi
Laba = ( hasil
produksi x harga jual) -
modal
= ( 100x Rp. 5000) – Rp.322.000
= Rp. 500.000 – Rp. 322.000
= Rp. 178.000,-
Persentase Laba =
laba / modal x 100% x 100%
= 178.000 / 322.000 x
100%
=
55,27%
Persentase dari laba bersih yang didapat dalam satu kali
produksi yaitu 55,27%
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
“BOBICO”
merupakan brand produk yang di ciptakan oleh penulis dalam bidang ini, penulis
menciptakan produk ini atas survey yang penulis lakukan unuk mencari peluang
bisni yang baik dan bermanfaat (yang di butuh kan) oleh masyarakat, penulis
sangat mengharapkan produk yang penulis buat dapat diterima dan dapat disenangi
olehpara konsumen dantertanam dibenak masyarakat luas dengancara konsinyasinya
ditoko cemilan.
5.2
Saran
Penulis
menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan
prososal ini.
Demikian
proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis ini sehingga dapat berjalan dengan
baik dan penulis berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi
penulis dan masyarakat.
Penulis
mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan
proposal ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik dantepat pada waktunya,
sekian terimakasih.
Comments
Post a Comment