LAPORAN MAGANG DI SDTQ AN-NAAJIYA PASAMAN BARAT TAHUN 2021

 

LAPORAN MAGANG DI SDTQ AN-NAAJIYA

PASAMAN BARAT

TAHUN 2021

 

 

PRODI MANAJEMEN

 

 

 

 

 

Oleh:

Rosa Revina

NIM. 18612010096

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PASAMAN

YAYASAN PENDIDIKAN PASAMAN

2021


 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

LAPORAN MAGANG DI YAYASAN AN-NAAJIYA

TAHUN 2021

 

Oleh:

ROSA REVINA

NIM. 18612010096

Laporan Magang ini telah diperiksa oleh

Pembimbing Magang dan telah disetujui untuk diseminarkan

 

Simpang Empat,                      2021

 

Menyetujui

 

Pembimbing Lapangan                                               Dosen Pembimbing Magang

 

 

RAFEL SATRIA, S.H                                         MIA MUCHIA DESDA, S.Si, MM  

NIP.                                                                                   NIDN. 1028128902

 

Koordinator Magang

 

Hj. Erdawati, SE.,M.Si

NIDN. 1020037001


 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga Penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan tepat pada waktunya.

Laporan ini sebagai hasil pertanggung jawaban Penulis selama melaksanakan magang di Yayasan An-Naajiya. Laporan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Penulis khususnya dan juga bagi para pembaca untuk menambah pengetahuan.

Dalam penyelesaian laporan magang, Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, antara lain kepada:

1.      M. Saleh Lubis, SE,.M.Si selaku Ketua STIE Pasaman.

2.      Mia Muchia Desda, SE.,MM selaku dosen pendamping magang.

3.      Hefrianto, S.H.I selaku kepala sekolah SDTQ An-Naajiya.

4.      Rafel Satria, S.H selaku kepala sekolah SMPTQ An-Naajiya.

5.      Deni Hazendra, S.E selaku ketua Tata Usaha SDTQ An-Naajiya.

6.      Ratmi Yulia Saamita, S.E selaku staf Tata Usaha SDTQ An-Naajiya.

7.      Seluruh Guru dan karyawan Yayasan An-Naajiya yang telah bersedia menerima penulis selama sebulan.

8.      Orang tua dan keluarga yang selalu memberikan dukungan moril dan materil.

Atas segala bantuan dan dorongan yang telah diberikan, saya mengucapkan terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas budi baik dengan imbalan yang pantas.

Penulis menyadari menyadari dalam penulisan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, Penulis menerima kritik dan saran yang membangun dengan tangan terbuka demi kesempurnaan laporan magang ini. Penulis berharap laporan magang ini dapat memberi manfaat bagi Penulis serta dapat memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

 

 

Simpang Empat,        Februari 2021

 

            ROSA REVINA

NIM: 18612010096


 

DAFTAR ISI


 

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

       1.1       Latar belakang

Kegiatan magang merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa STIE Pasaman Barat yang telah menyelesaikan semua mata kuliah pada semester V. Kegiatan magang ini adalah salah satu bentuk proses pembelajaran bagi mahasiswa yang mendukung pendidikan di STIE Pasaman Barat. Penyelenggaraan kegitan ini memadukan teori yang telah dipelajari dan keahlian melalui kegiatan pengalaman langsung dunia kerja yang mengarah kepada pencapaian tingkat pemahaman dan analisis perkembagan terbaru dalam dunia kerja yang berkaitan denga ilmu manajemen.

Penulis melaksanakan kegiatan magang di Yasayan An-Naajiya. Yayasan An-Naajiya merupakan sekolah untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penulis magang dibagian tata usaha (TU) sekolah sekolah dasar (SD).

Alasan penulis melakukan kegiatan magang di Yayasan An-Naajiya adalah untuk menambah wawasan dan pengalaman terkait dunia kerja dan ingin mengetahui secara langsung kegiatan pada bagian tata usaha dan kegiatan pendidikan di Yayasan An-Naajiya.

 

       1.2       Tujuan

1.      Meningkatkan pengetahuan, pengalaman, kemampuan, dan keterampilan dalam bidang manajemen.

2.      Meningkatkan  pengetahuan  melalui  pengalaman  kerja  riil  yang diperoleh di dunia kerja, sebagai bekal untuk memahami dunia kerja yang  nanti  akan  dihadapi  setelah  menyelesaikan  pendidikan  di  STIE Pasaman.

3.      Pengabdian kepada masyarakat

       1.3       Ruang Lingkup

Penulis membatasi pelaksanaan kegiatan, penelitian dan proses pembuatan laporan magang, yaitu pada Yayasan An-Naajiya pada bagian tata usaha (TU) Sekolah Dasar (SD).

 


4.       

BAB II

KAJIAN LITERATUR

 

TATA USAHA

A.    PENGERTIAN

Setiap organisasi, baik organisasi pemerintah maupun swasta pasti tidak terlepas dari keharusan menyelenggarakan pekerjaan tata usaha.

Pekerjaan tata usaha tidak dapat dielakkan karena berhubungan dengan penyediaan, penyimpanan, dan penyampaian berbagai bahan keterangan dan informasi yang diperlukan oleh setiap anggota organisasi dalam melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan tanggungjawab dan wewenang masing-masing.

Tata usaha menurut pendapat Saiman (2002: 14) menyatakan bahwa: ”Tata usaha adalah kegiatan untuk mengadakan pencatatan dan penyusuan keterangan-keterangan, sehingga keterangan-keterangan itu dapat dipergunakan secara langsung sebagai bahan informasi bagi pimpinan organisasi atau perusahaan yang bersangkutan atau dapat dipergunakan oleh siapa saja yang membutuhkan”.

Sedangkan pengertian tata usaha menurut Hadari Nawawi dan Martini Hadari (1996: 147) adalah : ”Tata usaha sebagai kegiatan menghimpun, mencatat, mengadakan, menggandakan, menyimpan, dan mengirim berbagai bahan atau data/ informasi untuk mewujudkan tugas-tugas pokok organisasi”.

Dari pendapat di atas dapat ditarik pengertian bahwa tata usaha adalah kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, menyimpan dan mengirim berbagai bahan keterangan atau informasi yang dapat dipergunakan secara langsung oleh pimpinan organisasi atau dapat dipergunakan oleh siapa saja yang membutuhkan bahan informasi tersebut.

B.     PERAN TATA USAHA DALAM ORGANISASI

Tata usaha merupakan salah satu unsur administrasi dalam suatu kantor atau organisasi, sehingga tata usaha sifatnya membantu/ menunjang bagi kelancaran kegiatan pokok perkantoran/ organisasi. Hal ini sesuai dengan pendapat Woworuntu dalam Saiman (2002: 15) yaitu administrasi merupakan proses penyelenggaraan organisasi secara menyeluruh, sedangkan tata usaha sebagai kegiatan pencatatan, penggolongan data, tulis menulis dari proses  tersebut.

Tata usaha melayani pelaksanaan sesuatu pekerjaan operatif dengan menyediakan berbagai keterangan yang diperlukan. Keterangan-keterangan itu memudahkan tercapainya tujuan yang diinginkan atau memungkinkan penyelesaian pekerjaan operatif yang bersangkutan menjadi lebih baik. Tata usaha juga membantu pihak pimpinan suatu organisasi dalam membuat keputusan dan melakukan tindakan yang tepat.

Adapun peranan tata usaha menurut The Liang Gie (2000: 20) adalah sebagai berikut:

                     1.         Melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai  tujuan dari sesuatu organisasi.

                     2.         Menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk pimpinan organisasi itu  untuk membuat keputusan atau melakukan tindakan yang tepat.

                     3.         Membantu kelancaran perkembangan organisasi  sebagai            suatu keseluruhan.

 

C.    Jenis-jenis Kegiatan Tata Usaha

Kegiatan tata usaha menurut Saiman (2002: 15) dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1.          Korespondensi dan laporan, kegiatan ini berhubungan dengan pencatatan relasi atau kemitraan kerja organisasi ataupun kantor sampai pada persiapan hal-hal yang harus dilaporkan kepada pimpinan.

2.          Tata hubungan yaitu berhubungan dengan proses surat menyurat, pencatatan dan penerimaan telepon serta faksimile ataupun internet.

3.          Pencatatan dan perhitungan, kegiatan ini berhubungan dengan data-data laporan, data statistik dan lain-lain.

4.          Kearsipan, hal ini penting dalam rangka penyimpanan surat surat atau dokumen yang dinilai penting dan berkaitan dengan kegiatan kantor/ organisasi

 

Masing-masing kegiatan tata usaha ini apabila dijalankan pada suatu kantor akan sangat berguna dalam mencapai tujuan organisasi secar efisien. Dengan aktivitas tata usaha pimpinan dapat memperoleh keterangan/ informasi yang dijadikan dasar untuk menentukan tindakan dan kebijaksanaan yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

BAB III

HASIL KEGIATAN

 

 

3.1  Gambaran Umum Institusi Magang

Sekolah Dasar Tahfizh Al-Qur’an disingkat SDTQ An-Naajiya berada dibawah naungan Yayasan An-Naajiya yang dipimpin oleh Desman, M.A., yang berlokasi di Kecamatan Luhak, Jorong Persiapan Jambak Selatan, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten pasmasan Barat. Keberadaan SDTQ An-Naajiya tidak terlepas dari riwayat berdirinya PAUDTQ An-Naajiya. Maka pada tahun 2013, tepatnya pada tanggal 26 Januari 2013 berdirilah SDTQ An-Naajiya.

SDTQ An-Naajiya sudah memiliki bagunan sendiri, maka kegiatan KPM pun sudah mulai berjalan sesuai standar. Kemudian pada tahun 2019 An-Naajiya telah memiliki bangunan sebanyak 13 lokal di atas tanah milik yayasan sendiri. Tahun 2019 SDTQ An-Naajiya sudah melahirkan alumni angkatan pertama.

Sekolah Dasar Tahfizh A-Qur’an An-Najiya menargetkan menjadi sekolah unggulan, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri dengan cara mengoptimalkan potensi yag dikaruniakan Allah pada setiap anak.

 

 

 

Alamat:

SDTQ An-Naajiya Simpang Tiga
Alamat: Jambak Jalur Tiga, Kec. Luhak Nan Duo, Pasaman Barat
Telp: 0753 4611039

No Hp 0812 6761 7172

Email: sdtqannaajiyapasbar@gmail.com

Program Unggul:

1.      Tahsin Tilawah Al-Qur’an dari kelas 1 sampai kelas 6 yang bertujuan untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai dengan makhraj dan kaidah tajwid yang benar.

2.      Hafalan Al-Qur’an minimal 3 Juz dengan bacaan sesuai tajwid yang benar.

3.      Pendidikan akidah, pembinaan akhlak, serta pembiasaan ibadah dan dzikir yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

4.      Belajar Bahasa Arab dari kelas 1 sampai kelas 6.

Visi dan Misi

SDTQ An-Naajiya dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki:

Visi:

Melahirkan generasi muslim yang shalih, penghafal Al-Qur’an dan memiliki kompetensi akademik iptek.

Misi :

1.      Menempatkan tenaga profesional di bidangnya;

2.      Menanamkan akidah yang lurus, ibadah yang benar serta akhlak yang mulia dalam setiap pembinaan;

3.      Menanamkan kepada siswa untuk mencintai Al-Qur’an, menghafalkannya, mengamalkannya dan mengajarkannya kepada orang lain;

4.      Mendidik siswa untuk menguasai kemampuan dasar ilmu pengetahuan (bahasa, matematika, dan menulis) sebagai bekal kompetensi akademis;

5.      Membekali siswa dengan keterampilan hidup melalui teknologi sederhana tepat guna;

6.      Menyelenggarakan kehidupan yang dinamis, terampil dan disiplin dengan sepenuh hati;

7.      Memberikan layanan yang tepat serta memuaskan dalam setiap kegiatan pendidikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Siswa

 

No

Kelas

Jumlah Siswa

1

Kelas 6 Pi

28

2

Kelas 6 Pa

21

3

Kelas 5 Pi

28

4

Kelas 5 Pa

27

5

Kelas 4 Pi

27

6

Kelas 4 Pa B

19

7

Kelas 4 Pa A

23

8

Kelas 3 Pi

31

9

Kelas 3 Pa

31

10

Kelas 2 Pi

30

11

Kelas 2 Pa

34

12

Kelas 1 Pi B

21

13

Kelas 1 Pi A

22

14

Kelas 1 Pa B

20

15

Kelas 1 Pa A

25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                Table II. 1

3.2  Sruktur Organisasi Institusi


 

Gambar II.1

 

 

Tugas pokok dan Fungsi Jabatan

Kepala Sekolah

1.      Perencanaan Program Kerja Sekolah secara semester dan tahunan

2.      Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah

3.      Supervisi dan Evaluasi kinerja guru dan tenaga kependidikan

4.       Kepemimpinan Sekolah

Wakil Kepala Sekolah

1.      Program kerja guru;

2.      Program nstrumen kelas;

3.      Pelaksanaan evaluasi target kurikulum;

4.      Pencapaian target kurikulum;

5.      Daya serap siswa;

6.      Pengaturan jadwal kegiatan belajar mengajar dan kegiatan semesteran disesuaikan dengan kalender pendidikan;

7.      Pengaturan jadwal kegiatan belajar mengajar dan kegiatan semesteran disesuaikan dengan kalender pendidikan.

              Koordinator Bidang kesiswaan

1.      Menyelenggarakan penerimaan siswa baru;

2.      Menyelenggarakan masa orientasi siswa (MOS);

3.      Meneliti pengisian buku induk siswa;

4.      Melaksanakan K5;

5.      Mengelola bimbingan dan penyuluhan ;

6.      Mengelola mutasi murid/siswa;

7.      Menyelenggarakan/membentuk/ membimbing/ mengevaluasi kegiatan kesiswaan dan olahraga prestasi;

8.      Meneliti absensi siswa serta mengambil langkah-langkah berkenaan dengan kesiswaan;

9.      Mengelola program studi swasta.

Administrasi Keuangan

1.      Menyediakan segala kebutuhan guru perempuan dalam rangka proses belajar mengajar seperti absen, rapor, dan lain-lain

2.      Mendata kebutuhan guru perempuan melalui kartu kebutuhan yang disediakan dan diteruskan kepada KTU

3.      Mengisi laporan keuangan uang masuk dan keluar harian sekolah dan mengirimkan laporan secara bulanan kepada yayasan

4.      Bertanggung jawab dalam pengelolaan dana nstru yang ada dalam kotak infak.

5.      Melakukan invetaris barang apabila ada pengadaan barang oleh sekolah atau Yayasan.

6.      Membuat laporan inventaris barang sekolah dengan format yang telah disediakan.

 

Administrasi Perkantoran

1.      Mengelola kegiatan surat-menyurat sekolah baik itu surat keluar, RAB dan lain-lain

2.      Melakukan penyimpanan dan pengarsipan segala surat yang masuk dan keluar

3.      Membuat laporan-laporan atau surat yang dibutuhkan oleh pihak sekolah

4.      Melakukan penyimpanan dan penyusunan alat-alat kantor dan alat ajar sebelum diserahkan kepada guru

Bendahara Sekolah

1.      Mengelola keuangan sekolah

2.      Mengelola pembelanjaan dana BOS, dan melakukan pelaporan pertanggungjawaban kepada Yayasan dan dinas pendidikan

3.      Melakukan pencatatan mengenai kebutuhan sekolah

4.      Menyediakan kebutuhan guru dalam proses belajar mengajar

5.      Mengelola dan menyimpan uang sekolah jika ada uang dalam bentuk tunai di sekolah

6.      Menghubungi wali murid yang bermasalah dalam hal hutang piutang biaya sekolah.

7.      Mendata kebutuhan guru laki-laki melalui kartu kebutuhan yang disediakan dan diteruskan kepada KTU

Guru

Melaksanakan tugas-tugas keguruan secara menyeluruh meliputi:

a.       Membuat program pembelajaran yang meliputi: program tahunan, program semester, rencana pembelajaran, dan program-program lainnya sesuai kebijakan kepala sekolah;

b.      Mengelola dan melaksanakan pembelajaran;

c.       Melaksanakan/menyelenggarakan evaluasi hasil pembelajaran;

d.      Menganalisis alat/nstrument dan hasil evaluasi pembelajaran;

e.       Menindaklanjuti hasil analisis evaluasi.

f.       Melaporkan jika ada siswa yang bermasalah kepada kepala sekolah

Mengelola dan melaksanakan administrasi keguruan.

Melaksanakan tugas pembinaan terhadap murid dan tugas-tugas lain terkait dengan pengelolaan sekolah/pendidikan yang diberikan pimpinan sekolah.

Meningkatkan kemampuan profesi keguruannya secara terus menerus.

Melaksanakan tugas mengajar 30 (tiga puluh) jam tatap muka perminggu bagi guru SD, 25 (dua puluh lima) jam tatap muka perminggu bagi guru SMP dan SMA.

Bagi guru yang tugas mengajarnya kurang dari ketentuan sebagaimana dimaksud ayat (5) pasal ini, diberikan tugas kompensasi (pengganti) oleh pimpinan sekolah seperti: piket, pembinaan kegiatan ekstra kurikuler dan sebagainya.

Tugas kompensasi sebagaimana dimaksud poin 5 pasal ini tidak diperhitungkan sebagai kelebihan jam mengajar.

Mematuhi semua peraturan yayasan dan tata tertib sekolah/unit kegiatan dengan penuh tanggung jawab.

 

 

3.3   Sruktur Organisasi Bidang /Bagian /Unit Magang

 

Description: F:\tuuu.png

Struktur organisasi bagian tata usaha

Gambar II.2

 

Tugas bagian TU:

1.      Menyediakan segala kebutuhan guru perempuan dalam rangka proses belajar mengajar seperti absen, rapor, dan lain-lain

2.      Mendata kebutuhan guru perempuan melalui kartu kebutuhan yang disediakan dan diteruskan kepada KTU

3.      Mengisi laporan keuangan uang masuk dan keluar harian sekolah dan mengirimkan laporan secara bulanan kepada yayasan

4.      Bertanggung jawab dalam pengelolaan dana sosial yang ada dalam kotak infak.

5.      Melakukan invetaris barang apabila ada pengadaan barang oleh sekolah atau Yayasan.

6.      Membuat laporan inventaris barang sekolah dengan format yang telah disediakan.

3.4  Kegiatan Magang

Magang dilaksanakan di Yayasan An-Naajiya bagian yang merupakan suatu pengalaman yang berharga bagi penulis. Keramahan dan kerja sama yang baik dari seluruh karyawan merupakan suatu kesan yang sangat baik bagi penulis.

Selama kegiatan magang penulis diberikan kesempatan oleh Yayasan An-Naajiya utuk melaksanaka magag pada bagian tata usaha. Magag dilaksanakan selama 26 hari kerja sejak tanggal 1 Februari s/d 26 Februari 2021. Dimana waktu magang dimulai dari pukul 07.15 s/d 12.45 WIB. Banyak kegiatan yang dikerjaka penulis yang sangat bermanfaat bagi penulis dan instansi magang.

Adapun kegiatan yang penulis lakukan ketika melaksanaka kegiatan magang adalah menginput data SPP bulanan SDTQ An-Naajiya. Penulis mencatat uang masuk seperti SPP bulanan siswa, pembayaran buku, pada jurnal harian serta kwitansinya. Penulis juga mencatat pembayaran daftar ulang PPDB atau siswa baru SDTQ untuk tahun 2021-2022. Serta setiap hari Rabu penulis mengikuti kajian islami yang di adakan di musholla sekolah, kajian ini wajib diikuti oleh seluruh guru dan karyawan perempuan.

3.5  Permasalahan Program Fokus Magang

Dalam pelaksanaan magang, penulis tidak hanya dituntut untuk mencari pengetahuan dan pengalaman kerja saja, agar dapat berfikir lebih maju penulis juga diharapkan dapat menemukan hal-hal ataupun masalahnya yang berhubungan dengan lingkungan magang.

Dalam suatu kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan tidak akan pernah terlepas dari masalah dan mungkin akan mengalami kendala. Begitu juga dengan penulis sendiri dalam melaksanakan magang.

Sebenarnya tidak ada kendala yang berarti yang ada di lingkungan magang karena sudah merupakan rutinitas namun, ada beberapa masalah atau kendala yang penulis hadapi.

Beberapa permasalahan yang penulis hadapi ketika melaksanakan kegiatan magang sebagai berikut:

 

3.5.1        Perencanaan

Jadwal kegiatan kurang teratur.

3.5.2        Pengorganisasian

Kegiatan kurang terorganisir

3.5.3        Pelaksanaan

Tidak rutin memberikan tugas

3.5.4        Monitoring dan Evaluasi

Penulis tidak menemukan masalah dengan monitoring dan evaluasi.

BAB IV  

PEMBAHASAN

 

A.    Perencanaan

Perencanaan menurut Richard L. Daft berarti mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi dimasa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya. perencanaan adalah tindakan yang dilakukan untuk menentukan tujuan perusahan. Menurut Daft perencanaan merupakan sesuatu yang diperlukan untuk mencapai tujuan dengan mengidentifikasi berbagai tujuan kinerja organisasi, memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya dimasa mendatang.

Adapun kendala dalam proses magang adalah jadwal kegiatan yang kurang teratur. Dalam hal ini kegiatan yang dikerjakan pada bagian TU kurang teratur karena tugas yang dikerjakan atau yang diberikan belum direncanakan pada awalnya.

B.     Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan serangkaian kegiatan manajerial yang bertujuan mewujudkan kegiatan yang direncanakan menjadi struktur tugas, wewenang dan siapa yang akan melaksanakan tugas tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan organisasi. Pengorganisasian merupakan proses membagi kerja ke dalam tugas- tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya, mengalokasikan sumber daya serta mengkoordinasikannya dalam rangka efektifitas pencapaian tujuan organisasi.

Adapun kendala dalam proses magang pada bagian ini adalah tugas yang diberikan tidak teroganisir karena Pada minggu awal pekerjaan banyak dikerjakan namun pada pertengahan bulan pekerjaan tidak banyak, dan dan pada minggu akhir pekerjaan banyak.

C.     Pelaksanaan

Pelaksanaan merupakan usaha menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa, hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan bersama Terry (1993:62).

Adapun kendala dalam proses magang pada bagian ini adalah tugas yang diberikan tidak rutin karena tugas tidak setiap hari diberikan.

D.    Monitoring dan Evaluasi

pengawasan adalah penemuan dan penerapan cara dan alat untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan sesuatu obyek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan” (Yunanda : 2009)

Pada bagian ini penulis tidak menenemukan kendala karena dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan dipantau oleh pembimbing magang dan pada apabila tugas telah selesai akan diperiksa atau di evaluasi.


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

 

A.    Kesimpulan

Program magang adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluh mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di semester lima. Kegiatan magang ini sangat bermanfaat bagi penulis karena memperoleh keterampilan, pengalaman kerja yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya.

Adapun kesimpulan dari magang ini adalah:

         1.         Kegiatan magang dilakukan  di  Yayasan An-Naajiya  memberikan    pengalaman nyata tentang gambaran dunia kerja yang belum pernah  Penulis  ketahui.   Tata usaha SDTQ   bergerak  dalam  bidang pendidikan yang melayani kebutuhan sekolah .

         2.         Selama  melakukan  kegiatan magang  di  Yayasan An-Naajiya, Penulis  ditempatkan  di  Bagian  Tata  Usaha  SDTQ An-Naajiya.   Tugas  yang  diberikan  kepada  Praktikan  sifatnya  hanya membantu  kelancaran  pelaksanaan  operasional  dengan  penginputan  data, penggandaan,  mencatat SPP,  dan  lainnya.

B.     Saran

                     1.         Dengan adanya progam magang diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak STIE Pasaman dengan instansi tempat magang.

                     2.         Bagi penulis hendaklah lebih aktif dan memberikan yang terbaik selama masa magang

DAFTAR PUSTAKA

 

Saiman. 2002. Manajemen Sekretaris. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Hadari Nawawi, H. Murni Martini, Penelitian Terapan ( Yogyakarta : Gajah Mada University Press,cet . 2, 1966)

Gie, The Liang. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. Liberty.

Daft, Richard L. 2006. Manajemen, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat

Terry, GR. 1993. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Hal, 62. Yogyakarta: Liberty.

Yunanda, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Balai Puataka.

https://core.ac.uk/download/pdf/12349525.pdf

http://repository.radenintan.ac.id/1047/3/BAB_II.pdf

http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3276/3/BAB%20II.pdf

https://eprints.uny.ac.id/9870/2/BAB%202%20-%2006209241002.pdf

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/19622/Chapter%20II.pdf;jsessionid=596C94916716FC45A0933332B42B6F02?sequence=4


 

LAMPIRAN

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN MAGANG DI KANTOR URUSAN AGAMA PADA BAGIAN ADMINISTRASI

LAPORAN MAGANG BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN PASAMAN BARAT BIDANG ANGGARAN

MAKALAH FETAL SKULL FETAL POSITIONING MEKANISME PERSALINAN PRESENTASI VERTEX (OKSIPUT ANTERIOR DAN OKSIPUT POSTERIOR)