LAPORAN MAGANG DI SDTQ AN-NAAJIYA PASAMAN BARAT TAHUN 2021
LAPORAN MAGANG DI SDTQ
AN-NAAJIYA
PASAMAN BARAT
TAHUN 2021
PRODI MANAJEMEN

Oleh:
Rosa
Revina
NIM.
18612010096
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU
EKONOMI PASAMAN
YAYASAN PENDIDIKAN
PASAMAN
2021
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG DI YAYASAN AN-NAAJIYA
TAHUN 2021
Oleh:
ROSA REVINA
NIM.
18612010096
Laporan
Magang ini telah diperiksa oleh
Pembimbing
Magang dan telah disetujui untuk diseminarkan
Simpang
Empat, 2021
Menyetujui
Pembimbing Lapangan Dosen
Pembimbing Magang
RAFEL
SATRIA, S.H MIA MUCHIA DESDA, S.Si, MM
NIP.
NIDN. 1028128902
Koordinator
Magang
Hj.
Erdawati, SE.,M.Si
NIDN. 1020037001
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
rahmat-Nya sehingga Penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan
tepat pada waktunya.
Laporan
ini sebagai hasil pertanggung jawaban Penulis selama melaksanakan magang di
Yayasan An-Naajiya. Laporan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Penulis
khususnya dan juga bagi para pembaca untuk menambah pengetahuan.
Dalam
penyelesaian laporan magang, Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua
pihak yang telah membantu, antara lain kepada:
1. M.
Saleh Lubis, SE,.M.Si selaku Ketua STIE Pasaman.
2. Mia
Muchia Desda, SE.,MM selaku dosen pendamping magang.
3. Hefrianto,
S.H.I selaku kepala sekolah SDTQ An-Naajiya.
4. Rafel
Satria, S.H selaku kepala sekolah SMPTQ An-Naajiya.
5. Deni
Hazendra, S.E selaku ketua Tata Usaha SDTQ An-Naajiya.
6. Ratmi
Yulia Saamita, S.E selaku staf Tata Usaha SDTQ An-Naajiya.
7. Seluruh
Guru dan karyawan Yayasan An-Naajiya yang telah bersedia menerima penulis
selama sebulan.
8. Orang
tua dan keluarga yang selalu memberikan dukungan moril dan materil.
Atas
segala bantuan dan dorongan yang telah diberikan, saya mengucapkan terima
kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas budi baik dengan imbalan yang
pantas.
Penulis
menyadari menyadari dalam penulisan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan.
Oleh karena itu, Penulis menerima kritik dan saran yang membangun dengan tangan
terbuka demi kesempurnaan laporan magang ini. Penulis berharap laporan magang
ini dapat memberi manfaat bagi Penulis serta dapat memenuhi kriteria yang
dipersyaratkan.
Simpang
Empat, Februari 2021
ROSA REVINA
NIM: 18612010096
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kegiatan magang
merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa STIE
Pasaman Barat yang telah menyelesaikan semua mata kuliah pada semester V.
Kegiatan magang ini adalah salah satu bentuk proses pembelajaran bagi mahasiswa
yang mendukung pendidikan di STIE Pasaman Barat. Penyelenggaraan kegitan ini
memadukan teori yang telah dipelajari dan keahlian melalui kegiatan pengalaman
langsung dunia kerja yang mengarah kepada pencapaian tingkat pemahaman dan
analisis perkembagan terbaru dalam dunia kerja yang berkaitan denga ilmu
manajemen.
Penulis melaksanakan
kegiatan magang di Yasayan An-Naajiya. Yayasan An-Naajiya merupakan sekolah
untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penulis
magang dibagian tata usaha (TU) sekolah sekolah dasar (SD).
Alasan penulis
melakukan kegiatan magang di Yayasan An-Naajiya adalah untuk menambah wawasan
dan pengalaman terkait dunia kerja dan ingin mengetahui secara langsung
kegiatan pada bagian tata usaha dan kegiatan pendidikan di Yayasan An-Naajiya.
1.2 Tujuan
1.
Meningkatkan
pengetahuan, pengalaman, kemampuan, dan keterampilan dalam bidang manajemen.
2.
Meningkatkan pengetahuan
melalui pengalaman kerja
riil yang diperoleh di dunia
kerja, sebagai bekal untuk memahami dunia kerja yang nanti
akan dihadapi setelah
menyelesaikan pendidikan di
STIE Pasaman.
3.
Pengabdian kepada
masyarakat
1.3 Ruang Lingkup
Penulis membatasi
pelaksanaan kegiatan, penelitian dan proses pembuatan laporan magang, yaitu
pada Yayasan An-Naajiya pada bagian tata usaha (TU) Sekolah Dasar (SD).
4.
BAB II
KAJIAN LITERATUR
TATA
USAHA
A.
PENGERTIAN
Setiap organisasi,
baik organisasi pemerintah maupun swasta pasti tidak terlepas dari keharusan menyelenggarakan pekerjaan tata usaha.
Pekerjaan tata
usaha tidak dapat dielakkan karena berhubungan dengan penyediaan, penyimpanan, dan penyampaian berbagai bahan
keterangan dan informasi yang
diperlukan oleh setiap anggota organisasi dalam melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan tanggungjawab dan wewenang
masing-masing.
Tata usaha menurut
pendapat Saiman (2002: 14) menyatakan bahwa:
”Tata usaha adalah kegiatan
untuk mengadakan pencatatan dan penyusuan keterangan-keterangan, sehingga
keterangan-keterangan itu dapat dipergunakan secara langsung sebagai
bahan informasi bagi pimpinan organisasi atau perusahaan yang
bersangkutan atau dapat dipergunakan oleh siapa saja yang membutuhkan”.
Sedangkan
pengertian tata usaha menurut Hadari Nawawi dan Martini Hadari (1996: 147) adalah : ”Tata usaha sebagai kegiatan
menghimpun, mencatat, mengadakan, menggandakan, menyimpan, dan mengirim berbagai bahan atau data/ informasi untuk
mewujudkan tugas-tugas pokok
organisasi”.
Dari pendapat di
atas dapat ditarik pengertian bahwa tata usaha
adalah kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, menyimpan dan mengirim berbagai bahan keterangan atau informasi yang dapat dipergunakan secara langsung oleh pimpinan organisasi atau dapat dipergunakan oleh siapa saja yang membutuhkan bahan informasi tersebut.
B. PERAN TATA USAHA DALAM
ORGANISASI
Tata usaha
merupakan salah satu unsur administrasi dalam suatu kantor atau organisasi, sehingga
tata usaha sifatnya
membantu/ menunjang bagi kelancaran kegiatan
pokok perkantoran/ organisasi. Hal ini sesuai dengan pendapat Woworuntu dalam Saiman (2002:
15) yaitu administrasi merupakan proses
penyelenggaraan organisasi secara menyeluruh, sedangkan tata usaha sebagai
kegiatan pencatatan, penggolongan data, tulis menulis
dari proses tersebut.
Tata usaha melayani pelaksanaan sesuatu pekerjaan operatif
dengan menyediakan berbagai
keterangan yang diperlukan. Keterangan-keterangan itu memudahkan tercapainya tujuan yang diinginkan atau memungkinkan penyelesaian pekerjaan operatif yang
bersangkutan menjadi lebih baik. Tata usaha juga membantu pihak pimpinan suatu organisasi dalam membuat keputusan
dan melakukan tindakan yang tepat.
Adapun peranan tata
usaha menurut The Liang Gie (2000: 20) adalah
sebagai berikut:
1.
Melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan dari sesuatu organisasi.
2.
Menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk pimpinan
organisasi itu untuk membuat keputusan atau melakukan tindakan yang tepat.
3.
Membantu kelancaran perkembangan organisasi sebagai
suatu keseluruhan.
C.
Jenis-jenis Kegiatan Tata Usaha
Kegiatan tata usaha menurut
Saiman (2002: 15) dapat
dikelompokkan sebagai berikut:
1.
Korespondensi dan laporan, kegiatan ini berhubungan dengan pencatatan relasi atau kemitraan
kerja organisasi ataupun
kantor sampai pada persiapan hal-hal
yang harus dilaporkan kepada
pimpinan.
2.
Tata hubungan yaitu berhubungan dengan proses surat menyurat, pencatatan dan penerimaan telepon
serta faksimile ataupun internet.
3.
Pencatatan dan perhitungan, kegiatan ini berhubungan dengan data-data laporan,
data statistik dan lain-lain.
4.
Kearsipan, hal ini penting dalam rangka penyimpanan surat surat atau dokumen
yang dinilai penting
dan berkaitan dengan kegiatan kantor/
organisasi
Masing-masing kegiatan
tata usaha ini apabila dijalankan pada suatu kantor akan sangat berguna dalam
mencapai tujuan organisasi secar efisien. Dengan aktivitas
tata usaha pimpinan
dapat memperoleh keterangan/ informasi yang dijadikan dasar untuk menentukan tindakan dan
kebijaksanaan yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai
tujuan organisasi.
BAB III
HASIL KEGIATAN
3.1
Gambaran Umum Institusi Magang
Sekolah Dasar
Tahfizh Al-Qur’an disingkat SDTQ An-Naajiya berada dibawah naungan Yayasan
An-Naajiya yang dipimpin oleh Desman, M.A., yang berlokasi di Kecamatan Luhak,
Jorong Persiapan Jambak Selatan, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten pasmasan
Barat. Keberadaan SDTQ An-Naajiya tidak terlepas dari riwayat berdirinya PAUDTQ
An-Naajiya. Maka pada tahun 2013, tepatnya pada tanggal 26 Januari 2013
berdirilah SDTQ An-Naajiya.
SDTQ An-Naajiya
sudah memiliki bagunan sendiri, maka kegiatan KPM pun sudah mulai berjalan
sesuai standar. Kemudian pada tahun 2019 An-Naajiya telah memiliki bangunan
sebanyak 13 lokal di atas tanah milik yayasan sendiri. Tahun 2019 SDTQ An-Naajiya
sudah melahirkan alumni angkatan pertama.
Sekolah Dasar Tahfizh A-Qur’an An-Najiya menargetkan
menjadi sekolah unggulan, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri dengan cara
mengoptimalkan potensi yag dikaruniakan Allah pada setiap anak.
Alamat:
SDTQ An-Naajiya Simpang Tiga
Alamat: Jambak Jalur Tiga, Kec. Luhak Nan Duo, Pasaman Barat
Telp: 0753 4611039
No
Hp 0812 6761 7172
Email:
sdtqannaajiyapasbar@gmail.com
Program Unggul:
1.
Tahsin Tilawah Al-Qur’an dari kelas 1 sampai kelas 6 yang bertujuan
untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai dengan makhraj dan kaidah tajwid yang
benar.
2.
Hafalan Al-Qur’an minimal 3 Juz dengan bacaan sesuai tajwid yang benar.
3.
Pendidikan akidah, pembinaan akhlak, serta pembiasaan ibadah dan dzikir
yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
4.
Belajar Bahasa Arab dari kelas 1 sampai kelas 6.
Visi dan Misi
SDTQ An-Naajiya dalam melaksanakan
proses pembelajaran memiliki:
Visi:
“Melahirkan
generasi muslim yang shalih, penghafal Al-Qur’an dan memiliki kompetensi
akademik iptek”.
Misi
:
1.
Menempatkan
tenaga profesional di bidangnya;
2.
Menanamkan
akidah yang lurus, ibadah yang benar serta akhlak yang mulia dalam setiap
pembinaan;
3.
Menanamkan
kepada siswa untuk mencintai Al-Qur’an, menghafalkannya, mengamalkannya dan
mengajarkannya kepada orang lain;
4.
Mendidik
siswa untuk menguasai kemampuan dasar ilmu pengetahuan (bahasa, matematika, dan
menulis) sebagai bekal kompetensi akademis;
5.
Membekali
siswa dengan keterampilan hidup melalui teknologi sederhana tepat guna;
6.
Menyelenggarakan
kehidupan yang dinamis, terampil dan disiplin dengan sepenuh hati;
7.
Memberikan
layanan yang tepat serta memuaskan dalam setiap kegiatan pendidikan.
Jumlah Siswa
|
No |
Kelas |
Jumlah Siswa |
|
1 |
Kelas 6 Pi |
28 |
|
2 |
Kelas 6 Pa |
21 |
|
3 |
Kelas 5 Pi |
28 |
|
4 |
Kelas 5 Pa |
27 |
|
5 |
Kelas 4 Pi |
27 |
|
6 |
Kelas 4 Pa B |
19 |
|
7 |
Kelas 4 Pa A |
23 |
|
8 |
Kelas 3 Pi |
31 |
|
9 |
Kelas 3 Pa |
31 |
|
10 |
Kelas 2 Pi |
30 |
|
11 |
Kelas 2 Pa |
34 |
|
12 |
Kelas 1 Pi B |
21 |
|
13 |
Kelas 1 Pi A |
22 |
|
14 |
Kelas 1 Pa B |
20 |
|
15 |
Kelas 1 Pa A |
25 |
Table
II. 1
3.2 Sruktur Organisasi Institusi

Gambar II.1
Tugas pokok dan Fungsi Jabatan
Kepala Sekolah
1. Perencanaan
Program Kerja Sekolah secara semester dan tahunan
2. Pelaksanaan
Rencana Kerja Sekolah
3. Supervisi
dan Evaluasi kinerja guru dan tenaga kependidikan
4.
Kepemimpinan Sekolah
Wakil Kepala Sekolah
1. Program
kerja guru;
2. Program
nstrumen kelas;
3. Pelaksanaan
evaluasi target kurikulum;
4. Pencapaian
target kurikulum;
5. Daya
serap siswa;
6. Pengaturan
jadwal kegiatan belajar mengajar dan kegiatan semesteran disesuaikan dengan
kalender pendidikan;
7. Pengaturan
jadwal kegiatan belajar mengajar dan kegiatan semesteran disesuaikan dengan
kalender pendidikan.
Koordinator Bidang
kesiswaan
1. Menyelenggarakan
penerimaan siswa baru;
2. Menyelenggarakan
masa orientasi siswa (MOS);
3. Meneliti
pengisian buku induk siswa;
4. Melaksanakan
K5;
5. Mengelola
bimbingan dan penyuluhan ;
6. Mengelola
mutasi murid/siswa;
7. Menyelenggarakan/membentuk/
membimbing/ mengevaluasi kegiatan kesiswaan dan olahraga prestasi;
8. Meneliti
absensi siswa serta mengambil langkah-langkah berkenaan dengan kesiswaan;
9. Mengelola
program studi swasta.
Administrasi Keuangan
1.
Menyediakan segala kebutuhan guru perempuan dalam rangka proses belajar
mengajar seperti absen, rapor, dan lain-lain
2.
Mendata kebutuhan guru perempuan melalui kartu kebutuhan yang disediakan
dan diteruskan kepada KTU
3.
Mengisi laporan keuangan uang masuk dan keluar harian sekolah dan
mengirimkan laporan secara bulanan kepada yayasan
4.
Bertanggung jawab dalam pengelolaan dana nstru yang ada dalam kotak
infak.
5.
Melakukan invetaris barang apabila ada pengadaan barang oleh sekolah
atau Yayasan.
6. Membuat laporan inventaris barang sekolah dengan
format yang telah disediakan.
Administrasi Perkantoran
1.
Mengelola kegiatan surat-menyurat sekolah baik itu surat keluar, RAB dan
lain-lain
2.
Melakukan penyimpanan dan pengarsipan segala surat yang masuk dan keluar
3.
Membuat laporan-laporan atau surat yang dibutuhkan oleh pihak sekolah
4. Melakukan penyimpanan dan penyusunan alat-alat
kantor dan alat ajar sebelum diserahkan kepada guru
Bendahara Sekolah
1.
Mengelola keuangan sekolah
2.
Mengelola pembelanjaan dana BOS, dan melakukan pelaporan
pertanggungjawaban kepada Yayasan dan dinas pendidikan
3.
Melakukan pencatatan mengenai kebutuhan sekolah
4.
Menyediakan kebutuhan guru dalam proses belajar mengajar
5.
Mengelola dan menyimpan uang sekolah jika ada uang dalam bentuk tunai di
sekolah
6. Menghubungi wali murid yang bermasalah dalam hal
hutang piutang biaya sekolah.
7. Mendata kebutuhan guru laki-laki melalui kartu
kebutuhan yang disediakan dan diteruskan kepada KTU
Guru
Melaksanakan tugas-tugas keguruan secara menyeluruh meliputi:
a. Membuat program pembelajaran yang meliputi: program
tahunan, program semester, rencana pembelajaran, dan program-program lainnya
sesuai kebijakan kepala sekolah;
b. Mengelola dan melaksanakan pembelajaran;
c. Melaksanakan/menyelenggarakan evaluasi hasil
pembelajaran;
d. Menganalisis alat/nstrument dan hasil evaluasi
pembelajaran;
e. Menindaklanjuti hasil analisis evaluasi.
f. Melaporkan jika ada siswa yang bermasalah kepada
kepala sekolah
Mengelola dan melaksanakan administrasi keguruan.
Melaksanakan tugas pembinaan terhadap murid dan
tugas-tugas lain terkait dengan pengelolaan sekolah/pendidikan yang diberikan
pimpinan sekolah.
Meningkatkan kemampuan profesi keguruannya secara
terus menerus.
Melaksanakan tugas mengajar 30 (tiga puluh) jam
tatap muka perminggu bagi guru SD, 25 (dua puluh lima) jam tatap muka perminggu
bagi guru SMP dan SMA.
Bagi guru yang tugas mengajarnya kurang dari
ketentuan sebagaimana dimaksud ayat (5) pasal ini, diberikan tugas kompensasi
(pengganti) oleh pimpinan sekolah seperti: piket, pembinaan kegiatan ekstra
kurikuler dan sebagainya.
Tugas kompensasi sebagaimana dimaksud poin 5 pasal
ini tidak diperhitungkan sebagai kelebihan jam mengajar.
Mematuhi semua peraturan yayasan dan tata tertib
sekolah/unit kegiatan dengan penuh tanggung jawab.
3.3 Sruktur Organisasi Bidang /Bagian /Unit Magang

Struktur organisasi bagian tata usaha
Gambar II.2
Tugas
bagian TU:
1.
Menyediakan segala kebutuhan guru perempuan dalam rangka proses belajar
mengajar seperti absen, rapor, dan lain-lain
2.
Mendata kebutuhan guru perempuan melalui kartu kebutuhan yang disediakan
dan diteruskan kepada KTU
3.
Mengisi laporan keuangan uang masuk dan keluar harian sekolah dan
mengirimkan laporan secara bulanan kepada yayasan
4.
Bertanggung jawab dalam pengelolaan dana sosial yang ada dalam kotak
infak.
5.
Melakukan invetaris barang apabila ada pengadaan barang oleh sekolah
atau Yayasan.
6. Membuat laporan inventaris barang sekolah dengan
format yang telah disediakan.
3.4
Kegiatan Magang
Magang dilaksanakan di Yayasan An-Naajiya bagian
yang merupakan suatu pengalaman yang berharga bagi penulis. Keramahan dan kerja
sama yang baik dari seluruh karyawan merupakan suatu kesan yang sangat baik
bagi penulis.
Selama kegiatan magang penulis diberikan kesempatan
oleh Yayasan An-Naajiya utuk melaksanaka magag pada bagian tata usaha. Magag
dilaksanakan selama 26 hari kerja sejak tanggal 1 Februari s/d 26 Februari
2021. Dimana waktu magang dimulai dari pukul 07.15 s/d 12.45 WIB. Banyak
kegiatan yang dikerjaka penulis yang sangat bermanfaat bagi penulis dan
instansi magang.
Adapun kegiatan
yang penulis lakukan ketika melaksanaka kegiatan magang adalah menginput data SPP bulanan SDTQ
An-Naajiya. Penulis
mencatat uang masuk seperti SPP bulanan siswa, pembayaran buku, pada jurnal
harian serta kwitansinya. Penulis juga mencatat pembayaran daftar ulang PPDB
atau siswa baru SDTQ untuk tahun 2021-2022.
Serta setiap hari Rabu penulis mengikuti kajian islami yang di adakan di
musholla sekolah, kajian ini wajib diikuti oleh seluruh guru dan karyawan
perempuan.
3.5
Permasalahan Program Fokus Magang
Dalam pelaksanaan magang, penulis tidak hanya
dituntut untuk mencari pengetahuan dan pengalaman kerja saja, agar dapat
berfikir lebih maju penulis juga diharapkan dapat menemukan hal-hal ataupun
masalahnya yang berhubungan dengan lingkungan magang.
Dalam suatu kegiatan atau pekerjaan yang kita
lakukan tidak akan pernah terlepas dari masalah dan mungkin akan mengalami
kendala. Begitu juga dengan penulis sendiri dalam melaksanakan magang.
Sebenarnya tidak ada kendala yang berarti yang ada
di lingkungan magang karena sudah merupakan rutinitas namun, ada beberapa
masalah atau kendala yang penulis hadapi.
Beberapa permasalahan yang penulis hadapi ketika
melaksanakan kegiatan magang sebagai berikut:
3.5.1
Perencanaan
Jadwal kegiatan kurang teratur.
3.5.2
Pengorganisasian
Kegiatan kurang terorganisir
3.5.3
Pelaksanaan
Tidak rutin memberikan tugas
3.5.4
Monitoring
dan Evaluasi
Penulis tidak menemukan masalah
dengan monitoring dan evaluasi.
BAB IV
PEMBAHASAN
A. Perencanaan
Perencanaan menurut Richard L. Daft berarti
mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi dimasa mendatang
serta memutuskan tugas dan penggunaaan sumber daya yang diperlukan untuk
mencapainya. perencanaan adalah tindakan yang dilakukan untuk menentukan tujuan
perusahan. Menurut Daft perencanaan merupakan sesuatu yang diperlukan untuk
mencapai tujuan dengan mengidentifikasi berbagai tujuan kinerja organisasi,
memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya dimasa mendatang.
Adapun kendala dalam proses magang adalah jadwal
kegiatan yang kurang teratur. Dalam hal ini kegiatan yang dikerjakan pada
bagian TU kurang teratur karena tugas yang dikerjakan atau yang diberikan belum
direncanakan pada awalnya.
B. Pengorganisasian
Pengorganisasian
merupakan serangkaian kegiatan manajerial yang bertujuan mewujudkan kegiatan
yang direncanakan menjadi struktur tugas, wewenang dan siapa yang akan
melaksanakan tugas tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan organisasi.
Pengorganisasian merupakan proses membagi kerja ke dalam tugas- tugas yang
lebih kecil, membebankan tugas-tugas kepada orang yang sesuai dengan
kemampuannya, mengalokasikan sumber daya serta mengkoordinasikannya dalam
rangka efektifitas pencapaian tujuan organisasi.
Adapun kendala
dalam proses magang pada bagian ini adalah tugas yang diberikan tidak
teroganisir karena Pada minggu awal pekerjaan banyak dikerjakan namun pada
pertengahan bulan pekerjaan tidak banyak, dan dan pada minggu akhir pekerjaan
banyak.
C.
Pelaksanaan
Pelaksanaan
merupakan usaha menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa, hingga
mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan
bersama Terry (1993:62).
Adapun kendala
dalam proses magang pada bagian ini adalah tugas yang diberikan tidak rutin
karena tugas tidak setiap hari diberikan.
D.
Monitoring dan Evaluasi
pengawasan
adalah penemuan dan penerapan cara dan alat untuk menjamin bahwa rencana telah
dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
Evaluasi merupakan
kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan sesuatu obyek dengan
menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk
memperoleh kesimpulan” (Yunanda : 2009)
Pada bagian ini
penulis tidak menenemukan kendala karena dalam mengerjakan setiap tugas yang
diberikan dipantau oleh pembimbing magang dan pada apabila tugas telah selesai
akan diperiksa atau di evaluasi.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Program magang
adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluh mahasiswa yang telah
menyelesaikan studi di semester lima. Kegiatan magang ini sangat bermanfaat
bagi penulis karena memperoleh keterampilan, pengalaman kerja yang belum pernah
penulis dapatkan sebelumnya.
Adapun
kesimpulan dari magang ini adalah:
1.
Kegiatan magang
dilakukan di Yayasan An-Naajiya memberikan
pengalaman nyata tentang gambaran dunia kerja yang belum pernah Penulis
ketahui. Tata usaha SDTQ bergerak
dalam bidang pendidikan yang
melayani kebutuhan sekolah .
2.
Selama melakukan
kegiatan magang di Yayasan An-Naajiya, Penulis ditempatkan
di Bagian Tata
Usaha SDTQ An-Naajiya. Tugas
yang diberikan kepada
Praktikan sifatnya hanya membantu kelancaran
pelaksanaan operasional dengan
penginputan data, penggandaan, mencatat SPP,
dan lainnya.
B.
Saran
1.
Dengan adanya progam
magang diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak STIE
Pasaman dengan instansi tempat magang.
2.
Bagi penulis hendaklah
lebih aktif dan memberikan yang terbaik selama masa magang
DAFTAR PUSTAKA
Saiman.
2002. Manajemen Sekretaris. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hadari
Nawawi, H. Murni Martini, Penelitian Terapan ( Yogyakarta :
Gajah Mada University Press,cet . 2, 1966)
Gie,
The Liang. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. Liberty.
Daft,
Richard L. 2006. Manajemen, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat
Terry,
GR. 1993. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Hal, 62. Yogyakarta: Liberty.
Yunanda,
M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Balai Puataka.
https://core.ac.uk/download/pdf/12349525.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/1047/3/BAB_II.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3276/3/BAB%20II.pdf
https://eprints.uny.ac.id/9870/2/BAB%202%20-%2006209241002.pdf
http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/19622/Chapter%20II.pdf;jsessionid=596C94916716FC45A0933332B42B6F02?sequence=4
Comments
Post a Comment